Beranda | Artikel
Ghuluw Terhadap Orang-Orang Shalih
Minggu, 13 November 2022

Bersama Pemateri :
Ustadz Ahmad Zainuddin

Ghuluw Terhadap Orang-Orang Shalih adalah ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Fathul Majid Syarh Kitab At-Tauhid. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc. pada Rabu, 14 Rabi’ul Akhir 1444 H / 09 November 2022 M.

Kajian Tentang Ghuluw Terhadap Orang-Orang Shalih

Maksud dari bab ini adalah menjelaskan bahwa sebab terperosoknya manusia ke dalam perbuatan syirik -padahal bukti tauhid begitu tegas dan nyata- adalah sikap ghuluw terhadap orang-orang shalih.

Bukti nyata tauhid sudah kita pelajari pada bab-bab sebelumnya. Tetapi orang masih mensyirikan Allah Subhanahu wa Ta’ala, maka salah satu sebabnya adalah karena sikap ghuluw terhadap orang-orang shalih.

Hubungan bab ini dengan tauhid adalah menunjukkan salah satu sarana yang menghantarkan kepada kesyirikan adalah sikap ghuluw terhadap orang-orang shalih.

Ghuluw artinya melampaui batas yang diizinkan oleh syariat Islam, baik itu dalam ucapan atau keyakinan. Berarti kalau ghuluw terhadap orang-orang shalih artinya melampaui batas yang diizinkan oleh syariat baik dalam ucapan atau keyakinan dalam perihal pengagungan terhadap orang-orang shalih.

Bab ini penjelasan adalah penjelasan tentang apa yang terjadi kepada orang-orang yang terlalu berlebihan kepada orang-orang shalih. Maka perbuatan ini adalah kesyirikan terhadap Allah di dalam perihal ibadah, yang dia adalah dosa paling besar Allah Subhanahu wa Ta’ala dimaksiati dengannya. Dimana ini bertentangan dengan tauhid yang ditunjuki oleh kalimat ikhlas.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

يَا أَهْلَ الْكِتَابِ لَا تَغْلُوا فِي دِينِكُمْ وَلَا تَقُولُوا عَلَى اللَّهِ إِلَّا الْحَقَّ ۚ إِنَّمَا الْمَسِيحُ عِيسَى ابْنُ مَرْيَمَ رَسُولُ اللَّهِ وَكَلِمَتُهُ أَلْقَاهَا إِلَىٰ مَرْيَمَ وَرُوحٌ مِّنْهُ…

“Wahai Ahli Kitab, janganlah kalian berlebih-lebihan di dalam agama kalian, dan janganlah kalian mengucapkan sesuatu atas Allah kecuali kebenaran. Sesungguhnya Al-Masih Isa putra Maryam adalah Rasulullah, dan kalimatnya yang Allah Subhanahu wa Ta’ala berikan kepada Maryam dan ruh dariNya…” (QS. An-Nisa`[4]: 171)

Pengertian ghuluw adalah terlalu berlebih-lebihan dan meletakkan seseorang ke tempat kelebihan tersebut dan lupa terhadap Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Ghuluw adalah berlebih-lebihan dalam pengagungan, baik itu dengan ucapan atau dengan perbuatan. Maksudnya adalah janganlah kalian mengangkat makhluk dari kedudukannya yang telah Allah Subhanahu wa Ta’ala bagikan kepada seluruh umat secara umum. Sebagai peringatan keras bagi orang-orang agar berbuat sebagaimana mereka berbuat.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari kita download dan simak mp3 kajiannya.

Download mp3 Kajian



Artikel asli: https://www.radiorodja.com/52375-ghuluw-terhadap-orang-orang-shalih/